Rabu, 25 Mei 2016

Cara menguasai bahasa jepang

Hai gan,

Dalam perjalanan googling tiada henti dan pantang menyerah dalam mencari pelajaran bahasa jepang yang urut dan berjenjang yang bahkan pemula seperti saya pun bisa mengikuti dengan baik, saya menemukan sebuah website belajar bahasa jepang yang cukup bagus. website ini secara khusus membahasa seputar tata bahasa jepang. Begitu saya membeca beberapa pelajaran yang paling awal, saya pun sadar akan makna pentingnya tata bahasa dalam belajar bahasa jepang. kalau belajar bahasa jepang cuma asal-asalan seperti yang selama ini saya lakukan maka selamanya juga gak akan bisa menguasai bahasa jepang. saya tahu karena saya sudah coba. selama ini saya sering download pelajaran dari nhk bahasa indonesia namun hasilnya saya bingug karena disitu hanya memberi contoh percakapan dalam bahasa jepang. meskipun saya menghafal seluruh contoh percakapan yang ada disana tetap saja saya hanya hafal dan tidak benar-benar bisa bahasa jepang. bagaimana kalau saya berada di situasi yang tidak ada dalam contoh percakapan? bingung kan? karena cuma hafal contoh percakapan bahasa jepang maka tidak bisa dibilang bisa bahasa jepang dan hanya monoton itu-itu saja. saya tidak bilang pelajaran contoh percakapan itu tidak berguna. justru berguna sekali kok, hanya saja ada yang kurang. Sesuatu yakni pemahaman dan logika bagaimana suatu kalimat dalam bahasa jepang terbentuk. sesuatu itu adalah tata bahasa jepang. belajar bahasa jepang bukanlah menghafal percakapan yang monoton melainkan belajar konstruksi dalam membuat kalimat. tata bahasa atau grammar inilah yang dibutuhkan untuk bisa benar-benar belajar bahasa jepang. setiap bahasa pasti punya tata bahasa nya sendiri-sendiri dan pasti beda-beda. Saya benar-benar terpana, ternyata inilah yang selama ini saya cari. saya akhirnya tau dan bisa menyimpulkan cara untuk bisa menguasai bahasa jepang.

Cara menguasai bahasa jepang
  1. belajar dan menguasai tata bahasa jepang
  2. memperbanyak kosa kata bahasa jepang
hanya dua cara diatas untuk benar-benar bisa menguasai bahasa jepang. hanya dua dan saya merasa seperti telah puluhan tahun menghabiskan waktu mencari cara menguasai bahasa jepang. hafalan percakapan yang saya dapatkan di beberapa website pun berguna manakala saya telah belajar tata bahasa jepang. hafalan percakapan tersebut akan berfungsi dalam hal memperbanyak kosa kata bahasa jepang. Namun apalah arti nya kosa kata tanpa tata bahasa.

sebagai contoh meskipun saya telah hafal banyak kosa kata bahasa jepang, maka setelah itu apa? saya tidak bisa merangkai kata-kata bahasa jepang itu menggunakan tata bahasa indonesia karena tata bahasa jepang dan indonesia sangat sangat berbeda. kalau dalam persamaan maka, tata bahasa jepang itu seperti rumus dan kosa kata itu seperti angka. mereka saling membutuhkan dan saling melengkapi. kita tidak akan bisa menguasai bahasa jepang kalau hanya tau kosa kata nya saja, sebaliknya kita juga tidak bisa menguasai bahasa jepang kalau hanya menguasai tata bahasanya, lha yang mau diatata apa?

maka dari itu setelah perjalanan panjang ini akhirnya saya bisa menyimpulkan dua point diatas untuk bisa bahasa jepang. cukup hanya dua point diatas, itulah dua-duanya cara untuk benar-benar menguasai bahasa jepang. kok gak tiga gan? sama latihan? emang gak perlu latihan? Latihan hanyalah latihan dan latihan bukanlah cara karena semua perlu latihan terutama untuk mempelajari hal baru, dalam hal ini bahasa jepang. Tentu dalam belajar bahasa jepang kita perlu banyak berlatih. seperti berlatih mendengar percakapan bahasa jepang, latihan bicara bahasa jepang dan juga latihan menulis dan membaca bahasa jepang.

hanya saja saya tekankan disini, saya akan memberikan analogi nya, belajar bahasa jepang itu seperti belajar matematika dimana tata bahasa jepang adalah rumus, sedangkan kosa kata adalah angka. kalau berlatih percakapan bahasa jepang tanpa sebelumnya tahu tata bahasa jepang itu sama seperti halnya menghafal 2+2=4, kita tidak akan pernah tau bagaimana caranya dua tambah dua sama dengan empat. dan karena kita cuma hafal itu maka kita tidak akan bisa menjawab jika pertanyaannya diganti 2+3,2+4 atau 2+5? tidak akan bisa jawab karena yang dimiliki cuma hafalan 2+2=4 tanpa bahkan tau bagaimana caranya 2+2=4. cara belajar bahasa jepang yang seperti itu konyol, sangat konyol!

Untuk bisa melakukan latihan bahasa jepang yang benar maka sebelumnya harus mengerti dulu paling tidak sedikit tata bahasa jepang. kemudian dari pengertian itu dilatih terus menerus hingga akhirnya menguasai tata bahasa itu. itu baru yang nama nya berlatih. analogi yang sama adalah saat belajar 2+2, maka yang kita pelajari adalah rumus penambahannya bagaimana cara nya untuk bisa menambahkan sehingga saat pertanyaannya diganti pun kamu tetap bisa menjawab.

Begitulah analogi belajar dan berlatih bahasa jepang. sehingga urutannya akan menjadi

  1. belajar kosa kata jepang
  2. belajar tata bahasa jepang
  3. berlatih bahasa jepang dengan kosa kata dan tata bahasa yang telah dipelajari
  4. ulang terus dengan topik yang lebih lanjut.

melihat dari daftar materi website yang membahas tata bahasa jepang yang saya temukan seperti nya belum semua pelajaran telah ditulis. tapi setidak nya dengan itu saya telah bisa memahami pentingnya tata bahasa dalam belajar bahasa jepang.

pelajarannya ditulis urut mulai dari yang paling sederhana seperti mengungkapkan keadaan benda. istilah yang dipakai dalam web itu adalah, menyatakan bahwa sesuatu adalah sesuatu, haha, kalimatnya cukup rumit ya. ini adalah pelajaran pertama dari belajar tata bahasa jepang setelah sebelumnya belajar sistem penulisannya. pelajaran ini merupakan yang paling dasar yakni mempelajari penggunaan だ. Dalam perjalanan saya sebagai seorang weaboo, tentunya kata だ sangat akrab dan sering terdengar di telinga, haha.

semoga artikel ini bisa membantu bagi kalian dan kita sesama *cough*weaboo yang dalam pencarian cara belajar bahasa jepang yang sesungguhnya

0 komentar:

Posting Komentar